Sumbar1.com-Kemanakah Anda liburan pada Akhir pekan ini?, tim redaksi kami menginfokan sebuah tempat destinasi wisata murah namun tak kalah asyik dan indahnya. Sebuah trafeling backpacker wisata murah ke Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatra barat namun tak kalah asyiknya di bandingkan tempat wisata terkenal lainya di Indonesia

Sebuah lokasi wisata nan asri yang berada di perkampungan Jorong koto tinggi kubang balambak, kenagarian simpang kapuak, kecamatan mungka, kabupaten lima puluh kota.

air terjun2   air terjun

Aia Tajun Lubuak Bulan. Air terjun yang berke­mung­kinan muncul dari patahan bumi di tengah hutan belantara. Sungguh sebuah pemandangan yang eksotis dengan sedikit rasa  yang purba.

Di punggung tebing bagian dalam air terjun, terdapat gua yang terbentuk dari patahan lapisan bebatuan. Dari dalam gua tersebut anda dapat menyaksikan air terjun mengucur seumpama selendang bidadari yang men­juntai ke bumi. Sesampai ke bumi selendang air itu menghi­lang entah kemana.

Dinamakan Air Terjun Lubuk Batu Bulan ini (menurut masyarakat sekitar) karena pada kucuran airnya jatuh ke lubuk (kolam) berupa cekungan batu yang berbentuk seperti bulan.

air terjun5   bulan1

Hal unik di air terjun ini adalah aliran airnya yang jatuh ke lubuk ini tidak memiliki aliran air seperti sungai melainkan menghilang ke bawah lubuk.  Fenomena ini dikarenakan dibawah lubuk itu ada goa yang panjang yang langsung menyerap air tersebut.

Air yang jatuh dari air terjun Lubuk Batu Bulan ini dapat di jumpai lagi kira-kira satu kilometer kehilir, dimana air tersebut mengalir kesawah-sawah penduduk.
Dengan demikian lubuk di air terjun Lubuk Batu Bulan ini tidak dapat digunakan untuk berenang.  Disini pengunjung hanya dapat mencuci muka dengan cara menampung gemercik air terjun yang jatuh dari sisi tebing batu.

Air Terjun Lubuk Batu Bulan memiliki ketinggian sekitar 50 m.  Di belakang air terjun ini terdapat cekungan seperti goa. Bila sampai di hadapan air terjun ini, percaya atau tidak, kita seperti ditawan perasaan untuk tidak meninggalkan tempat itu. Di bawah guanya yang sejuk, anda bisa menghampar tikar atau mendirikan tenda, berkemping menghabiskan hari.

 

SHARE