Sumbar1.com-Pemko Payakumbuh melalui Dinas Koperasi & UKM bekerjasama dengan UPTD Metrologi Padang, memberikan pelayanan Tera dan Tera Ulang bagi 1.503 pemilik dan pengguna alat  UTTP ( Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan ) bagi Pedagang se Kota Payakumbuh. Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 hari di pelataran parkir Pasar Ibuah Timur Samping Lapangan Futsal Haji ID, 11-16 September 2017 yang lalu.

Kabid Perdagangan Diskoperasi & UKM Mise, SE menginformasikan di Balaikota, Selasa (19/9)  bahwa Pasar Tradisional Ibuah  Payakumbuh adalah salah satu pasar yang diusulkan untuk mendapat predikat Pasar Tertib Ukur oleh Kementrian Perdagangan RI Tahun 2016.

“Tahap awal telah dilakukan beberapa proses antara lain sosialisasi dan bimbingan kepada pemilik dan pengguna alat  UTTP , pendataan potensi alat UTTP, dan pelayanan tera dan tera ulang terhadap alat UTTP di Pasar Ibuh “, ujar Mise.

Dikatakannya tiap tahun terjadi peningkatan jumlah alat yang ditera. Dimana pada tahun 2016 sebanyak 1.150 alat UTTP dan tahun 2017 sebanyak 1.503 alat, begitu juga dari 4 SPBU dan 1 SPBE yang ada di Kota Payakumbuh juga telah dilakukan tera ulang.

“Alhamdulillah peningkatan ini tentunya adalah berkat kesadaran masyarakat pengguna UTTP semakin baik disamping usaha Sosialisasi yang dilakukan secara terus menerus”, tukuk Mise.

Pelaksanakan kegiatan tera ulang UTTP ini dimaksudkan untuk melindungi konsumen sesuai UU No.8 Tahun 1999 dan memperbaiki alat UTTP yang dimiliki oleh pedagang khususnya di Pasar Ibuh Payakumbuh.

Agar sesuai dengan standar yang ditentukan dan dalam pandangan Agama Islam ,sangat menekankan pentingnya kebenaran ukuran, takaran dan timbangan secara adil, benar dan jujur.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Dahler,SH menyebutkan untuk meningkatkan pelayanan pasar tradisional pemerintah mencanangkan program  perbaikan pengelolaan dan pemberdayaan pasar tradisional. Salah satu tujuannya adalah terciptanya pasar tradisional yang tertib , teratur, aman , bersih dan sehat.

“ Dan penggunaan alat UTTP yang benar dan prilaku pedagang dalam pengukuran dan penimbangan dengan tepat melayani kunsumen adalah salah satu indikatornya”, ujar Dahler.

Dahler berharap, pasar tradisional Ibuah Payakumbuh mampu memperoleh predikat sebagai Pasar Tertib Ukur Nasional  Tahun 2017. (aa/rel)

SHARE