Sumbar1.com-Gedung Blok III dan IV Pasar Raya Padang dipastikan rampung dan akan ditempati sebelum akhir tahun 2017 ini. Pedagang diminta untuk menjaga kebersihan di sekitar bangunan baru tersebut agar pengunjung nyaman dan lokasinya layak sebagai destinasi wisata belanja.

“Pedagang segera menempati gedung ini. Untuk itu jagalah kebersihannya agar layak dikunjungi sebagai destinasi wisata belanja di Kota Padang,” kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt. Marajo usai memimpin apel petugas kebersihan bersama Dinas Perdagangan dan Dinas Lingkungan Hidup di lantai V Pasar Raya Blok III.

Untuk mendukung beroperasinya pasar yang nantinya akan ditempati pedagang sayur, daging, ikan dan barang kebutuhan pokok lainnya tersebut, Pemerintah Kota Padang sudah membenahi infrastruktur jalan dan drainase di sepanjang jalan Pasar Baru. Termasuk untuk parkir, di gedung Blok III tersebut juga terdapat tempat parkir yang representatif.

“Jalan dan drainase di Jalan Pasar Baru sudah dibenahi. Juga terdapat tempat parkir di gedung ini. Sudah layak. Tinggal jaga kebersihan dan kenyamanan,” ujar Mahyeldi.

Sedikitnya 220 petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup disiagakan untuk menjaga kebersihan di kawasan Pasar Raya Padang setiap hari. Selain bertugas membersihkan, mereka diharapkan menjadi contoh sekaligus memotivasi pedagang untuk meningkatkan kesadaran warga dan pedagang dalam menjaga kebersihan.

“Kesadaran pedagang dalam menjaga kebersihan masih rendah. Diharapkan petugas kebersihan dapat menjadi contoh sekaligus motivator dalam meningkatkan kesadaran mereka,” tambah Mahyeldi.

Pada kesempatan ini, Walikota Mahyeldi juga menjanjikan hadiah menunaikan ibadah umrah kepada petugas kebersihan. Hadiah ini akan diberikan kepada empat orang yang dinilai terbaik dalam tugasnya.

“Akhir tahun ini atau paling lambat 2018 nanti akan dipilih petugas kebersihan terbaik dan akan diberangkat umrah,” ucap Wako Mahyeldi.

Sebelum menuju lantai V Blok III, Walikota Mahyeldi menyempatkan menyapa para pedagang yang masih menempati sisi jalan Pasar Baru dan selasar gedung baru yang masih tahap peyelesaian. Ia menyapa seraya menyampaikan pesan agar menjaga kebersihan.(yendra)

SHARE