Sumbar1.com-Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengajak pejabat negara yang belum mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) agar segera melakukannya. Menurut Pramono, saat ini masih ada pejabat negara terutama di tingkat eselon II, III dan IV yang belum mengisi LHKPN.

“Di eselon 1 sudah berjalan baik, memang di eselon II,III, dan IV belum semuanya laporkan dengan baik,” kata Pramono di kantornya, Senin (9/1).

Pemerintah, kata dia, mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang konsisten dalam menangani LHKPN. Pramono juga memastikan pemerintah terus mendukung KPK.

“Pemerintah beri dorongan, support kepada KPK, kalau perlu umumkan secara terbuka bagi siapa pun yang belum lapor LHKPN supaya atasan dari yang bersangkutan mempunyai kewenangan untuk memberi teguran atau kalau perlu dikaitkan dengan tunjangan kinerja atau tunkin. Bagi yang tidak melaporkan LHKPN tidak mendapatkan tunkin, sebagai contoh, sebab apa pun harus ada reward and punishment,” jelas Pramono.

Sebelumnya, KPK melaporkan hasil kerjanya di tahun 2016. Dalam laporan tersebut, KPK menyinggung terkait masih minimnya kesadaran pejabat negara dalam mengisi LHKPN. (bn)

SHARE